Wednesday, November 2, 2011

9 GOL BERSEJARAH BAGI LIONEL MESSI BERSAMA FC BARCELONA

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/da/Lionel_Messi_Joan_Gamper_Trophy.jpg/800px-Lionel_Messi_Joan_Gamper_Trophy.jpg
Sejak pertama sekali melakukan debut bersama Barcelona di tim senior, Messi sudah mencetak banyak rekor melalui gol-gol yang ia ciptakan baik di kompetisi domestik maupun di ajang paling elite, Liga Champion Eropa. Berikut, momen gol bersajarah bagi Lionel Messi:

1 Mei 2005
Pertandingan kontra Albecete menginjak menit ke-88 saat pelatih Barcelona, Frank Rijkaard, memasukan Lionel Messi sebagai pengganti Samuel Eto'o. Hanya berselang 3 menit, Messi mencetak gol debutnya di tim senior dengan melambungkan bola melewati kiper Raul Valbuena.

2 November 2005
Messi sudah tampil di Liga Champion sejak musim 2004/05. Tapi, laga kontra Panathinaikos semusim berselang punya kesan spesial baginya. Tampil di Camp Nou, pemain berjulukan La Pulga ini mencetak gol perdananya di LC pada menit ke-34.



11 Maret 2007
Messi resmi menjadi pujaan Barcelonistas saat mencetak hattrick ketika Tim Catalan bermain imbang 3-3 kontra rival abadi, Real Madrid. Belum genap 20 tahun, ia adalah pemain termuda, sekaligus pertama setelah Ivan Zamorano (1994/95), yang mampu menorehkan prestasi tersebut.

18 April 2007
Label sebagai the New Maradona kian melekat pada Messi usai mencetak gol indah di semifinal Copa del Rey kontra Getafe. Menggiring bola sepanjang 62 meter, Messi menaklukkan enam pemain lawan, termasuk kiper, sebelum mencetak gol. Maradona mencetak gol dengan cara serupa ketika menghadapi Inggris di Piala Dunia 1986.

Dua bulan kemudian, Messi mencetak gol dengan tangan ke gawang Espanyol. Ini sama dengan insiden Hand of God yang dilakukan Maradona, juga ke gawang Inggris pada Piala Dunia 1986.

1 Februari 2009
Sepasang gol ke gawang Racing Santander menjadi bersejarah karena Messi kini tercatat dalam milestone Barca. Torehan keduanya malam itu adalah gol ke-5000 dalam sejarah Blaurgana.

27 Mei 2009
Dua pekan setelah memenangi Copa Del Rey pertamanya, Messi kembali beraksi di final Liga Champion. Tampil hebat sejak menit pembuka. ia sukses mencetak gol lewat sundulan pada menit ke-70. Gol itu membuatnya menjadi top scorer (9 gol) sekaligus orang termuda yang bisa menjadi pemain tersubur di LC. Musim itu, Messi mempersembahkan gelar treble bagi Barcelona.

6 April 2010
Arsenal turut menjadi korban keganasan Messi. Tak hanya sekali, gawang The Gunners dibobol emapt kali kala berhadapan dengan Barca di leg kedua perempat final LC. Inilah kali pertama Messi mencetka empat gol sekaligus di LC. Ia pun resmi menjadi pemain tersubur Barca di kompetisi paling elite Benua Biru itu.

23 April 2011
Adalah gol ke gawang Osasuna yang membawa Messi ke rekor berikutnya. Pemain Argentina itu resmi mencetak gol ke-50 di semua kompetisi. Inilah kali pertama seorang pesepakbola yang berkompetisi di Liga Spanyol mampu mencetak minimal 50 gol dalam semusim.

02 November 2011
Di usia 24 tahun, Lionel Messi belum berhenti membuat sensasi. Terbaru, torehan gol ke-202 saat Barcelona menekuk Viktoria Plzen, 4-0,membuat para legenda “membungkuk memberi hormat” untuk anak muda asal Argentina ini.
Setelah memeluk satu demi satu rekan setimnya, Messi berjalan sambil memegang bola yang dipakai malam itu. Ini hadiah untuk setiap pemain yang mencetak hat-trick.
http://www.whoateallthepies.tv/wp-content/uploads/2011/11/PA-119793301.jpg

Messi mengaku bangga bisa menembus 200 gol. Total 202 gol sepanjang kariernya bersama Barcelona, 22 gol di 17 laga bersama El Barca di semua ajang sepanjang musim ini.

Di usia yang sama, Maradona yang bermain untuk Argentinos Juniors, Boca Juniors, FC Barcelona, dan Napoli, “hanya” mampu mencetak 196 gol antara musim 1977/78 hingga 1984/85.

Legenda lain yang mampu dikalahkan Messi adalah Ronaldo. Bermain di Spanyol dan Italia, “si gigi kelinci” hanya mampu mencetak 153 gol di saat usianya sudah menyentuh 24 tahun. Masih ada legenda lain yang berhasil dilewati Messi, termasuk dua pemain besar di Inggris, Bobby Charlton dan George Best. (lihat grafis parade gol legenda).

Messi kini memburu pencapaian Thierry Henry dan Johan Cruyff. Di usia 23 tahun, “King Henry” telah mencetak 226 gol bersama Arsenal. Sementara Cruyff, mencetak 229 gol hingga usia 24 tahun. Mampukah Messi? Ini hanya soal waktu.


No comments:

Post a Comment